Pages

Selasa, 09 April 2013

tips dan cara agar adenium rajin berbunga

agar adenium tidak malas berbunga,kita dapat memperhatikan beberapa aspek yaitu;

 

A. Cara Perawatan Adenium:
1. Adenium membutuhkan cahaya matahari langsung minimal 5 jam perhari. Untuk tanaman muda (di bawah usia 2 bulan) lebih baik diletakkan ditempat yang agak ternaungi.
2. Adenium dapat hidup pada suhu 5 hingga 52 derajat c.
3. Penyiraman dapat dilakukan setiap hari jika musim kemarau tiba, namun kurangi penyiraman saat musim hujan.
4. Pemupukan dapat menggunakan pupuk kandang, humus atau kompos yang ditambahkan pada permukaan media tanam setiap 1 bulan sekali. Selain itu dapat digunakan pupuk organik buatan pabrik dalam bentuk tablet atau butiran. Pupuk kimia buatan pabrik yang bersifat slow release (tidak mudah larut) seperti Dekastar, Magamp, Osmocote setiap 3 atau 6 bulan sekali juga bisa diberikan. Begitu juga dengan Gandasil, Hyponex dll. Sebagian orang juga menambahkan hormon pertumbuhan seperti Atonik, Dekamon dll dengan cara disemprotkan ke sekujur tanaman sebulan sekali.
5. Media tanam bisa menggunakan pasir, arang dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Jika tak ditemukan arang, bisa digunakan sekam atau bahan lainnya yang mirip sifatnya. Lebih sempurna jika ditambah kapur dolomit secukupnya. Penggantian media tanam dapat dilakukan setiap tahun sekali.


B.Tips perawatan adenium :

* Gunakan Media yang baik, seperti: Pasir , Kotoran ayam sebagai pupuk, Kotoran Kambing Sebagai pupuk, Tanah, Batu kerikil yang halus dan Kulit gabah yang sudah di bakar. Semua media tanam ini di campur hingga benar – benar rata.
* Media tadi masukkan ke POT sesuai dengan ukuran Adenium yang di miliki.
* Masukkan Biji , atau Adenium yang sudah berusia 4Bulan , 6 Bulan, dst, kedalam pot yang sudah berisi media tanam tadi.
* Setelah itu, letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari langsung, semakin lama terkena sinar matahari, maka semakin bagus untuk pertumbuhan Adenium tersebut.
* Siram sekali sehari.
* Untuk mendapatkan adenium yang indah, pangkas batang adenium sesuai selera, pangkas ketika musum kering tiba. Jangan pangkas ketika musim hujan karena batang adenium malas tumbuh ketika musim hujan.
* Untuk perawaran berkala, ganti media setiap 6 bulan sekali, dan sebulan sekali semprot adenium dengan pestisida.

C.Pemangkasan

 Pemangkasan atau Pruning pada Adenium merupakan salah satu kunci agar adenium tampak sehat, rapi dan rajin berbunga.

Pemangkasan batang dapat di lakukan sesuai kehendak anda. Bila anda menginginkan bentuk tanaman yang agak tinggi, maka batang yang di potong sebaiknya agak tinggi pula, dan begitu pula sebaliknya. Selain pemangkasana berfungsi untuk memutus siklus hidup hama dan penyakit, juga dapat membuat tunas baru keluar lebih banyak dan akhirnya akan berkembang.

Cara pemangkasan ini tidaklah susah. Anda cukup memastikan kondisi tanaman yang akan dipruning itu sehat dan media tanam benar-benar subur. Untuk menunjang hal tersebut, media tanam dapat di beri pupuk slow release kira-kira 2 minggu sebelum pemangkasan dilakukan.

Alat yang di gunakan untuk memangkas adalah; pisau dan gunting, pastikan kedua alat tersebut dalam kondisi tajam dan bersih (steril). Waktu pemangkasan sebaiknya dilakukan pada pagi hari, agar bekas potongan dapat segera kering. Yang paling penting, jangan lakukan pemangkasan pada saat hujan, karena batang atau cabang yang baru terpotong, sangat mungkin busuk bila terkenan air.

Dalam kondisi prima, tunas baru akan muncul sekitar 7-12 hari, dan 6-8 minggu kemudian akan muncul kuncup bunga. Oh iya, seperti tips saya yang lain, jangan lupa meletakkan tanaman adenium anda di tempat yang terkena sinar matahari.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman